BEAUTIFUL JAVA: SOLO (part 2)


Wew...ketemu lagi kita yah..
mau ngelanjutin postingan yang sebelumny nih...

postingan kemaren, terakhir gue lagi naik becak ke Tirtonadi ya..

okay, kita lanjut yuk perjalanannya...



naik becak kira2 15 menit, nyampe lah itu ke terminal Tirtonadi. Masuk terminal bayar peron 200 perak. trus pas masuk ke dalem terminal, clingak clinguk deh tuh gue mencari bis yang jurusan Wonogori, Batu, Praci, Pacitan ato Purwantoro..karena rute2 itu ngelewatin daerah rumah mbah gue, yaitu Sukoharjo, tepatnya Pasar Nguter. . karena disitu banyak bis yang ngelewatin daerah yang udah gue sebut tadi, akhirnya gue mencari bis yang kira2 di dalemnya udah terisi penumpang, dengan alasan klasik, yaitu biar cepet berangkat heheh. kan kalo penumpangnya udah banyak, pasti itu bis bakalan lebih cepet berangkat..

perjalanan dari Tirtonadi sampe Pasar Nguter ditempuh dalam 1 jam. sebetulnya sih gue suka banget sm Solo, ya udaranya, ya lingkungannya yang tradisional. tapi ada 1 hal yang paling gue sebelin di Solo, yaitu PENGAMEN...yampun dari dulu sampe sekarang, pengamen2 Solo pada nyebelin2 banget deh, mendingan pengamen Jakarta kemana2 deh..

kalian bayangi aja, perjalanan bis yang cuma 1 jam bisa gonta ganti pengamen sampe 7--8 kali..dan pengamen2 tersebut agak maksa gitu minta duitnya. ketika mereka sudah selesai nyanyi atau nembang, seperti biasa, mereka mengadahkan tangannya kepada para penumpang untuk diberi uang. namun, pengalaman saya yang udah2, kalo kita gak ngasih uang, tangan si pengamen yang mengadah di hadapan kita, akan terus mengadah seperti itu hingga kita memberi sesuatu kepada dia, bahkan tak jarang, mereka juga mengeluarkan kata2 yang gak enak. pernah saya melihat seorang bapak yang sedang dimintai duit oleh seorang pengamen, bapak2 tersebut tak kunjung memberi uang, namun, si pengamen memaksa, akhirnya bapak tersebut mengeluarkan bungkusan rokoknya dan memberikan 2 batang rokok pada si pengamen...

karena pengalaman gue tentang pengamen Solo seperti itu, maka setiap gue ke Solo, gue selalu dibekali uang recehan yang banyak sama ibu gue. abis pengamen Solo serem2 sih, suka maksa dan banyak pula..mendingan pengamen di jakarta deh, kalo gak dikasih duit, yaudah pengamen itu langsung berlalu dari hadapan kita. udah gitu dalam satu bus pun yang perjalanannya 1 jam, gak pernah tuh gue temui ada gonta ganti pengamen sampe 8 kali. paling banter cuma 3 kali.


Solo oh Solo
dibalik keanggunan, kesahajaan, dan ketenanganmu mu ternyata menyimpan sejumput kerut2 bising dan ganas disudut ini dan itu..aku terpukau juga terkulai dalam satu waktu.



who am i??
still indah anggita rini..
people outside, angel inside :P :P :D

0 komentar:

Posting Komentar